Selasa, 12 Maret 2013

LOLOS BUTUH, REGISTRASI & REKOMENDASI IAI


SURAT LOLOS BUTUH

Bagi Apoteker yang baru selesai pendidikan dan ingin bekerja di luar propinsi tempat pendidikan maka harus mengurus Surat Lolos Butuh di Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) propinsi asal (dalam hal ini propinsi tempat pendidikan) ke propinsi tempat bekerja. Perlu diperhatikan, sebelum mengurus Surat Lolos Butuh, mantapkan dulu pilihan tempat bekerja karena begitu Surat Lolos Butuh sudah keluar dan ternyata kita tidak jadi kerja di situ, misal dapat kerja di propinsi lain maka mau gak mau Surat Lolos Butuh tersebut harus disampaikan kepada propinsi tempat semula akan berkerja. Dan selanjutnya harus membuat kembali Surat Lolos Butuh ke tempat kerja yang sebenarnya.

Lolos Butuh untuk Lulusan Baru
Pemohon terlebih dahulu melakukan registrasi keanggotaan melalui Pengurus Daerah IAI setempat dimana Perguruan Tinggi tersebut berada sesuai dengan peraturan organisasi IAI tentang registrasi anggota.

Persyaratan administrasi untuk pengurusan Surat Lolos Butuh ke IAI:
a.       Surat permohonan menjadi Anggota IAI;
b.      Surat permohonan pindah ke daerah lain (surat lolos butuh);
c.       FC Ijasah S1 & Ijasah Apoteker;
d.      FC Surat Sumpah Apoteker;
e.       Surat keterangan dari calon tempat kerja;
f.       FC KTP;
g.      FC Sertifikat Uji Kompetensi Apoteker;
h.      Pas Photo 2x3 (2 lembar).

Setelah Lolos Butuh dari IAI keluar, maka selanjutnya mengajukan permohonan Lolos Butuh ke Dinas Kesehatan Propinsi tempat pendidikan. Surat permohonan tersebut harus melampirkan:
a.       Foto copy ijazah yang telah dilegalisir;
b.      Foto copy Surat Bukti Lapor/ Surat Tanda Registrasi Apoteker;
c.       Surat Keterangan dari tempat kerja;
d.      Rekomendasi IAI setempat.

Untuk mendapatkan Surat Lolos Butuh, pemohon datang sendiri mengajukan permohonan ke Seksi Lisensi Akreditasi Dinas Kesehatan Propinsi dengan membawa persyaratan lengkap atau dapat diwakilkan pada orang lain dibuktikan dengan surat kuasa bermeterai Rp. 6.000,-. Berkas yang sudah lengkap diproses  dalam waktu 1 (satu) minggu sejak pengajuan.

SURAT PERMOHONAN


Kepada
Yth. Ketua IAI PD DIY
Di
Yogyakarta

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                : ……………………………………………..
Alamat  : ……………………………………………..
                         ……………………………………………..
                          …………………………………………….
Lulusan : ……………………………………………..
Tempat Kerja: ……………………………………………..
Alamat  : ……………………………………………..
                          ……………………………………….……..
                          …………………………………………….

Mengajukan permohonan untuk mendaftar mendapatkan Surat Lolos Butuh IAI PD DIY,
untuk pindah ke:
propinsi……………………………..kabupaten/kota…………………………
dan saya bersedia menaati segala ketentuan yang berlaku.

Demikian permohonan saya, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

                                                                                    Yogyakarta,………………………
                                                                                                     Pemohon


      
                                                                        (Suriyana, S.Far., Apt.)                                         

                                                                            
Lolos Butuh Antar Propinsi
Pemohon mengajukan permohonan kepada Pengurus Daerah melalui Pengurus Cabang setempat dengan melampirkan:
1.      Surat keterangan dari tempat kerja lama;
2.      Surat keterangan dari tempat kerja baru;
3.      KTA

Selanjutnya Pengurus Cabang memberikan Surat Pengantar yang ditujukan kepada Pengurus Daerah setempat.

Lolos Butuh Antar Kabupaten/Kota dalam Satu Propinsi
Pemohon mengajukan permohonan kepada Pengurus Cabang setempat dengan melampirkan:
1.      Surat keterangan dari tempat kerja lama;
2.      Surat keterangan dari tempat kerja baru (bagi yang akan membuka apotek sendiri, membuat surat pernyataan bermaterai cukup).

Pengurus Cabang memberikan Surat Keterangan Lolos Butuh yang ditujukan kepada Pengurus Cabang yang dituju dan membuat tembusan kepada Pengurus Daerah sebagai laporan.

REGISTRASI ANGGOTA IKATAN APOTEKER INDONESIA (IAI)
Registrasi ini ditujukan bagi apoteker yang baru lulus dan yang belum terdaftar sebagai anggota IAI. Pemohon mengajukan permohonan secara perorangan atau kolektif kepada pengurus daerah setempat dimana perguruan tinggi tempat pendidikan berada dengan melampirkan:  
      1.      FC Ijazah S1 yang dilegarisir;
      2.      FC Ijazah Pendidikan Apoteker yang dilegarisir;
      3.      FC Surat Sumpah Apoteker; 
      4.      FC KTP
      5.      Pas foto ukuran 2x3 sebanyak 3lembar

Pemohon diharuskan membayar uang pendaftaran sebesar Rp.50.000 dan membayar uang iuran anggota sebagaimana yang telah diatur oleh organisasi.

IKATAN APOTEKER INDONESIA
PENGURUS DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Sekretariat : Apotek UGM, Jl. Prof Dr. Sardjito 25 Yogyakarta, Telp/Fax : 0274 547564

Diisi oleh Pengurus


No Registrasi                      : …………………………………………………………
Tanggal Registrasi              : …………………………………………………………
Cabang                               : …………………………………………………………
Daerah                                : …………………………………….…………………..

Diisi oleh Anggota

Nama Lengkap              : ………………………………………………………….
Tempat Lahir                 : ………………………………………………………….
Tanggal Lahir                : ………………………………………………………….
Jenis Kelamin                :  L / P
Alamat                          : …………………………………………………………..
                                      …………………………………………………………..
                                      …………………………………………………………..
                                      …………………………………………………………..
Telepon                        : …………………………………………………………..
Handphone                   :……………………………………………………………
Pendidikan                    : S1 :…………………………………………… Tahun :………
                                      S2 :…………………………………………… Tahun :………
                                      S3 :…………………………………………… Tahun :………
                                      Profesi :……………………………………… Tahun :………

Tempat Bekerja             : ……………………………………………………………
Alamat Kerja                 : ……………………………………………………………
                                      ……………………………………………………………
                                      ……………………………………………………………
Telepon                        : ……………………………………………………………

Tempat Praktek Profesi : ……………………………………………………………
Alamat                          : ……………………………………………………………
                                      ……………………………………………………………
Telepon                        : ……………………………………………………………

                                           Yogyakarta,………………………
                                                                                         Pemohon




                                                                                 ( Suriyana, S.far., Apt.)
                                                                                                 
                                                                                                 

SURAT PERMOHONAN


Kepada
Yth. Ketua IAI PD DIY
Di
Yogyakarta

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                : ……………………………………………..
Alamat  : ……………………………………………..
                         ……………………………………………..
                          …………………………………………….
Lulusan : ……………………………………………..
Tempat Kerja: ……………………………………………..
Alamat  : ……………………………………………..
                          ……………………………………….……..
                          …………………………………………….

Mengajukan permohonan untuk mendaftar menjadi anggota IAI PD DIY, dan saya bersedia menaati segala ketentuan yang berlaku.

Demikian permohonan saya, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

                                                                                    Yogyakarta,………………………
                                                                                                     Pemohon


                                                                        (Suriyana, S.Far., Apt.)                                         
                                                         
REKOMENDASI IAI

Dalam hal tertentu, seorang apoteker diharuskan mendapat rekomendasi dari organisasi profesi (IAI PC setempat; red) misalnya jika akan mengajukan permohonan SIPA/SIKA ataupun SIA, terlebih dahulu kita mengurus surat rekomendasi organisasi profesi (dalam hal ini IAI PC tempat kita bekerja) yang nantinya akan disertakan sebagai persyaratan untuk dilampirkan.

Untuk mendapatkan surat rekomendasi dari IAI, Apoteker mengajukan permohonan yang ditujukan kepada ketua IAI PC setempat dengan melampirkan :
a.    FC Kartu Tanda Anggota (KTA)
b.    FC Ijasah S1 dan Apoteker
c.    FC Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA)
d.   Surat Keterangan dari tempat kerja atau Surat Pernyataan bermaterai akan mendirikan apotek sendiri
e.    Akta Notaris Perjanjian kerjasama antara Apoteker dengan Investor bagi apoteker yang bukan pemilik sarana
f.     Fotocopy Sertifikat Kompetensi Apoteker
g.    Untuk apoteker yang berasal dari cabang/daerah lain, harus melampirkan lolos butuh
h.    Fotocopy KTP / Surat Keterangan Domisili
Surat rekomendasi dikeluarkan oleh Pengurus Cabang dan memberi tembusan kepada Pengurus Daerah sebagai laporan.

SURAT PERMOHONAN


Kepada
Yth. Ketua IAI PD DIY
Di
Yogyakarta

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                : ……………………………………………..
Alamat  : ……………………………………………..
                         ……………………………………………..
                          …………………………………………….
Lulusan : ……………………………………………..
Tempat Kerja: ……………………………………………..
Alamat  : ……………………………………………..
                          ……………………………………….……..
                          …………………………………………….

Mengajukan permohonan untuk Rekomendasi IAI PD DIY guna pengurusan Surat Izin Apotek, dan saya bersedia menaati segala ketentuan yang berlaku.

Demikian permohonan saya, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

                                                                                    Yogyakarta,………………………
                                                                                                     Pemohon


                                                                    (Suriyana, S.Far., Apt.)                                         
                                                                                           

29 komentar:

  1. terimaksih infonya. ini sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  2. mbak, saya mau tanya. mungkin ini salah satu ketidaktahuan saya. begini, saya ingin menanyakan, sebenarnya fungsi seorang apoteker yang mau mengabdi di luar domisili dia tinggal, harus mengganti KTP menjadi sama dengan domisili tempat kerja (msal : merantau)? kan sekarang sudah ada e-KTP, yang katanya bisa mengurus apapun dan mendapatkan fasilitas di manapun sesuai haknya selama masih di wilayah Indonesia. dan saya juga sudah punya STRA, yang jelas2 dikeluarkan oleh menteri di Indonesia mengapa masih dipersulit?
    demikian pertanyaan saya, mungkin Mbak bisa membantu.
    sebelumnya saya mengucakan terima kasih apabila Mbak bisa meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan saya.. salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingin coba membantu menjawab. Saya juga pernah mengalami hal seperti itu. Karena tidak ingin mengganti KTP, saya bisa menggunakan surat keterangan domisili dari pengurus setempat (dari RT hingga Kecamatan) dimana saya tinggal yg sama dengan tempat praktek.
      Semoga membantu ya mba Pramita. Salam.

      Hapus
  3. terimakasih..... informasi ini sangat bermamfaat bagi saya sebagai calon apoteker....salam calon teman sejawat

    BalasHapus
  4. Ass, mb maaf saya mau tanya... surat bukti lapor dari dinkes provinsi itu kyk gmana ya mb? apakah sama dengan STR atau lolos butuh? saya dari lulusan luar daerah saya tapi sdh di lolos butuhkan je dinkes prov daerah saya...mksh...mohon bantuannya

    BalasHapus
  5. Ass, mb maaf saya mau tanya... surat bukti lapor dari dinkes provinsi itu kyk gmana ya mb? apakah sama dengan STR atau lolos butuh? mksh...mohon bantuannya

    BalasHapus
  6. bukti lapor beda dg lolos butuh dan STR..
    bukti lapor itu yg prtama kita miliki stlh lulus krn itu sbg tanda lapor kita ke dinkes prov tempat lulus bahwa kita adl lulusan PT prov tsb...
    sdgkn STR adl tanda registrasi kita ke KEMENKES pusat bahwa kita adl lulusan tenaga kesehatan yg siap kerja...
    Bukti Lapor dan STR biasanya diurus kolektif oleh kampus...
    Klo Lolos Butuh itu adl tanda serah terima dr Dinkes prov tempat kuliah ke Dinkes prov tempat kerja,...kita lolos butuhkan oleh dinkes tempat kuliah krn kita dibutuhkan di tempat lain (tempat krja skrg)....semoga membantu...

    BalasHapus
  7. Ass mbak.. saya mau tanya..
    Lolos butuh untuk apoteker lama haruskah lapor ke dinkes setempat mbak? Makasi mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy alumni PTS d Jogja yg skrg domisili makassar, dulu sy dpt lolos butuh dr IAI PC DIY 3 rangkap, 1 buat IAI Prov. Sul-Sel, 1 buat IAI kab. domisili dan 1 lg buat arsip...

      Hapus
  8. Sy mau menjadi angota iai tmpat domisili yg baru tetapi sy blm mndapat kerja, sdngakan syrt keanggotaan hrs ad surat lolos butuh. apakah mengurus surat lolos butuh harus kerja dulu? Karna di cntoh form pengajuanny da surat rekomendasi dr tmpat kerja. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pengajuan lolos butuh memang harus ada surat rekomendasi dr t4 krja krn dilolos-butuhkan itu artinya kita diloloskan dr daerah t4 pndidikan krn dibutuhkan di daerah asal (dibutuhkan disini artix sdh bekerja).... untuk prsyaratan mndaftar jd anggota IAI mungkin bisa ditanyakan langsung ke sekretariat IAI cabang domisili Anda krn trkadang ada aturan2 trsendiri yg mereka buat... semoga membantu...

      Hapus
  9. Salam Mbak Suriyana, Saya tamatan Apoteker dari Medan. saya bermaksud untuk bekerja di perusahaan farmasi di daerah tangerang. Jadi saya perlu mengurus SIKA di Dinkes Tangerang. Sebelumnya saya diminta untuk mengurus Surat Lolos Butuh dari medan. jika Surat Lolos Butuh tsb sudah keluar, di mana kah saya harus mengurus Surat Rekomendasi IAInya? apakah surat rekomendasi tsb diurus di IAI tempat saya bekerja atau di IAI medan ya? Mohon bantuannya untuk ini... Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita harus urus rekomendasi IAI dulu, kemudian ke Dinkes. Dinkes inilah yang menerbitkan Surat Lolos Butuh

      Hapus
  10. Mba untuk surat pernyataan bermaterai bagi yg ingin buat apotek sendiri gmn ya form nya??

    BalasHapus
  11. Mba untuk surat pernyataan bermaterai bagi yg ingin buat apotek sendiri gmn ya form nya??

    BalasHapus
  12. misi mau nanya untuk pengurusan penggantian sementara apoteker penanggungjawab PBF hanya untuk jangka waktu 3 bulan, harus pake sika atau gimana ya??
    trus yang dimaksud rekomendasi dinkes provinsi di PMK NO 34 Tahun 2014 itu sama ga kayak rekomendasi IAI buat ngurus SIKA?

    BalasHapus
  13. Malam...nmaaf ada yg bs kasi info alamat pc iai kabupaten tangerang ga?

    BalasHapus
  14. contoh surat permohonan nilai skp seminar farmasi apoteker dari panitia seminar ke PD IAI ada ga yahh..boleh dong

    BalasHapus
  15. TS Suriyana. masalah saya lebih unik, saya belum punya lolos butuh tapi sudah mengantongi KTA propinsi lain. nah ketika pengurusan SIKA, agak ada hambatan dengan PC IAI setempat karena mereka perlu lolos butuh. mungkinkah pada kasus saya sudah menjadi anggota IAI propinsi lain terus mengurus lolos buth melalui PD IAI tempat kuliah saya berada?

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum,,,
    tulisan yang sangat membantu sekali mba suryana dengan teman sejawat..
    semoga tidak lupa dengan saya yang selalu menyusahkan saat kuliah dulu.

    BalasHapus
  17. Selamat sore rekan sejawat.
    Terimakasih cz telah memberikan informasi yang sangat bermanfaat. Kebetulan ada rekan saya yg baru lulus. Dan dia bingung karena sekarang menggunakan sistem online. Dia ingin pindah/mutasi ke daerah lain, hanya saja dia harus upload surat keterangan domisili. Yg dimaksd keterangan domisili disini itu tempat dia lulus semisal di kota bandung. Tapi ingin pindah ke semarang. Yg diurus keterangan domisili tempat lulus atau domisili tempat dia akan bekerja. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Surat domisili yg di semarang tmpt dia akan bekerja, kalau sebelumnya blm pernah bekerja di bandung, lngsung aja ke pd iai jabar yg di surapati core utk mmbuat surat mutasi,,,

      Hapus
    3. Nanti kita dikasih formulir yg hrs diisi, disitu ada alamat domisili di cabang sebelumnya(bandung), alamat praktek kerja sebelumnya (distrip aja kalau blm bkrja), dan alamat domisili cbg baru serta tempat praktek kerja di cabang baru (di strip aja kalau gak ada) smoga membantu ya pak riyan 😀 salam satu almameter 😁😁😁

      Hapus
  18. yth TS yang baik hati mau nanya kalau kita sudah mengurus lolos butuh untuk di sebuah provinsi tapi belum mengurus sipa nya, apakah bisa kembali pindah ke provinsi lain ? terus d urus lagi apa bagaimana?

    BalasHapus
  19. Info yg sangat bermanfaat
    besok sy ujian sidang komunitas dengan salah satu materi dari dinkes mengenai hal terkait lolos butuh
    wassalamualaikum

    BalasHapus
  20. SELAMAT SORE SALAM SEMANGAT BUAT REKAN SEJAWAT. IZIN BERANYA, APAKAH WAJIB MELAMPIRKAN BORANG SERERTIFIKASI UNTUK SEKEDAR PINDAH ORGANISASI ANTAR PROVINSI, KALAUPUN WAJIB MELAMPIRKAN, HAL APA YG MEWAJIBKANNYA? MOHON PETUNJUNNYA.. TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  21. Permisi TS yg baik hati mau bertanya jika lupa mengirim surat lolos butuh dr tempat lulus kuliah keprovinsi bagaimana ya

    BalasHapus