Rabu, 01 Juni 2011

Back to Nature

Hidup Sehat dan Alami…


Gaya hidup modern telah menjebak manusia dalam kehidupan yang serba instan, praktis dan serba cepat. Masyarakat yang sibuk lebih memilih makanan yang serba instan karena praktis dalam penyajiannya. Padahal makanan instan dan cepat saji tersebut banyak mengandung bahan pengawet, yang apabila dikonsumsi terus menerus akan mempercepat penurunan fungsi jaringan tubuh dan merusak sel–sel dalam tubuh manusia. Walaupun dalam keadaan tertentu, oleh MUI dan DepKes diperbolehkan, ditolerir, dan halal, tetapi kita harus hati-hati dan bijaksana dalam mengkonsumsinya, karena hal ini berkaitan dengan kesehatan jangka panjang tubuh kita.

Begitu pula produksi pertanian, kita akan jarang menemui sayuran yang tanpa diberi pestisida. Selama ini masyarakat sering salah memandang sayuran yang baik, menurut sebagian masyarakat awam, sayuran yang baik adalah sayuran yang mulus dan tidak bolong – bolong .Padahal justru sayuran yang bolong–bolong tersebut adalah sayuran yang baik karena tidak diberi pestisida sehingga ulatpun menyukainya.


Saat ini masyarakat modern mulai sadar tentang akibat produk–produk kimia tersebut dan mulai kembali kepada alam (back to nature) terutama mengenai kesehatan. Orang mulai menyadari pentingnya kembali pada pola hidup sehat, berolahraga, istirahat teratur dan mengkonsumsi makanan–makanan kesehatan alami. Obat-obatan herbal pun sudah mulai marak dipasaran. Dan promosi penggunaan tanaman obat sudah mulai menggejala. Karena efek samping dari obat-obatan herbal ini relatif kecil dibandingkan obat-obatan kimia. 
 
Selain itu, sekarang banyak orang berlomba–lomba mencari sayuran organik. Isu kembali ke alam atau back to nature, memang marak dikampayekan. Pilihan alternatif sebagai cara menangani dan mengatasi makin merajalelanya perkembangan penyakit. Apalagi munculnya beragam jenis penyakit ditengarai lebih disebabkan pola hidup yang tidak sehat dan tidak alami. Spirit back to nature, juga bermaksud agar makanan yang dikonsumsi benar-benar dari alam yang sehat. Penelitian juga menemukan besarnya perbedaan kualitas buah atau sayuran hasil pertanian organik dengan pertanian konvensional, yang banyak menggunakan pupuk kimia.

Pendek kata, cara hidup sehat alami akan membimbing kita untuk selektif terhadap apapun yang kita makan atau masukkan ke dalam tubuh. Bukanya pesimis, namun tetap berharap optimis, harapan hidup alami dan menyehatkan dapat kita dirasakan.

So let’s go back to nature.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar